Home / Sejarah Esemka

Sejarah Esemka

Berikut ini timeline sejarah berdirinya Esemka (SMK) dari tahun ke tahun. Link berkaitan akan ditambahkan pada setiap objek terkait.

Sejarah

  • 2007 – SMK Indonesia Bermitra AIK (Autocar Indutri Komponen) merancang dan memprouksi komponen engine mobil 1500 cc
  • 2008 – SMK Indonesia bersama AIK meneruskan program pembuatan komponen engine
  • 2009 – SMK bermitra dengan PT Nasional Motor membuat body double cabin dan bersama PT Mageda membuat body SUV dan direstui Presiden Susilo Bambang Yudhoyuno dalam pameran di ITB Bandung
  • 2010 – Bermitra dengan Foday, Jinbei, dan UKM di Indonesia untuk mengembangkan mobil SUV dan minitruck uji produk di pameran Indonesia International Manufacturing (IIM 2010) mendapat sambuatan yang antusias dari masyarakat bersama-sama mendirikan PT Solo Manufaktur Kreasi sekaligus menjadi pemegang merk Esemka
  • 2011 – PT Solo Manufaktur Kreasi mengurus perizinan produksi (Kemenperin) dan kelayakan jalan (Kemenhub dan BTMP) sesuai Peraturan Pemerintah hingga layak diperdagangkan
  • 2012 – PT Solo Manufaktur Kreasi mengeluarkan Varian Rajawali R2 dan Bima 1.1 dan menjalin kerjasama dengan beberapa pabrikan komponen luar negeri dan UKM di Indonesia untuk pengembangan varian
  • 2013 – PT Solo Manufaktur Kreasi berhasil mengeluarkan beberapa unit dari varian Esemka Rajawali untuk media belajar dan operasional
  • 2014 – Esemka merancang mobil angkutan pedesaan, angkutan umum massal dan juga beberapa angkutan berpenumpang banyak (Minibus dan Minitruck)
  • 2015 – Esemka membuat prototype Digdaya 2.7 D, Bima 1.3, Bima 1.8D, Esemka Niaga 1.0
  • 2016 – Esemka membangun plan perakitan pertama di Desa Demangan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah