Home / Perusahaan / Esemka Bisa Jadi Ladang Berkarya Para Insinyur

Esemka Bisa Jadi Ladang Berkarya Para Insinyur

Dengan diresmikannya peluncuran mobil Esemka diharapkan bisa menjadi ladang berkarya bagi insinyur Tanah Air.  “Dengan punya merek mobil sendiri, insinyur-insinyur kita akan bisa melakukan riset dan pengembangan sendiri sehingga ini memberikan ladang tempat berkarya bagi insinyur-insinyur kita,” kata Direktur Re-industrialisasi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Achmad Rizal yang dihubungi di Jakarta, Jumat seperti kami kutip dari Republika.

 

Menurutnya, saat ini di Indonesia terdapat sejumlah pabrik mobil yang sayangnya hanya didominasi oleh fasilitas perakitan. Kondisi tersebut dinilainya tidak bisa memberikan kesempatan para insinyur lokal untuk mengembangkan produk sendiri lantaran harus melibatkan persetujuan kantor pusat pabrikan otomotif.

 

“Jadinya insinyur kita hanya jago merakit kendaraan. Mereka tidak punya kesempatan di bidang pengembangan produk karena semua diatur kantor pusat di luar negeri,” ujarnya.

 

Rizal sangat berharap keberadaan industri otomotif lokal seperti Esemka mendapat dukungan penuh dari semua kalangan. Bukan hanya oleh pemerintah saja tetapi juga oleh masyarakat.

 

Apalagi, kata Rizal dengan membangun fasilitas produksi sendiri, maka perusahaan akan dapat menyerap tenaga kerja baik untuk perakitan maupun riset dan pengembangan. “Itu tentu bagus dan wajib didukung. (Esemka) menjadi ajang untuk menciptakan sumber daya manusia unggul,” ujarnya.

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik otomotif karya anak bangsa PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat. Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya menyampaikan, dengan meresmian fasilitas produksi dan produk Esemka oleh Presiden Jokowi itu, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih.

 

“Saya bersama karyawan berterima kasih atas semua dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak sehingga kami berhasil membangun pabrik bersama fasilitasnya, dimana brand dan principalnya Indonesia yakni Esemka,” katanya.

 

Eddy  berharap dengan diresmikan fasilitas ini, Esemka bisa merintis kemajuan industri otomotif buatan Indonesia sekaligus menjadi langkah maju dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Dengan begitu, menjadi SDM unggul melalui pemberdayaan para siswa lulusan SMK yang secara langsung diseleksi terlibat dalam proses produksinya.

About esemkamedia

Mengabarkan berita seputar mobil Esemka. Menyajikan berita aktual, update dan terpercaya. Baca terus web ini dan nantikan berita terbaru setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *