Home / Pelanggan / Gubernur Ganjar Akan Pakai Esemka Untuk Kendaraan Dinas
ganjar-pranomo-bakal-gunakan-mobil-esemka-jadi-mobil-dinas

Gubernur Ganjar Akan Pakai Esemka Untuk Kendaraan Dinas

Sebagai wujud dukungan terhadap karya anak bangsa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo siap mengganti mobil dinasnya dengan mobil Esemka. Ia ingin menggunakan mobil SUV Esemka untuk kegiatan dinasnya sehari-hari.

 

“Saya melihat, ada mobil niaga yang sudah jadi. Tentu ini langkah positif yang akan terus kami dorong. Saya sih tidak sabar menunggu produk terbaru yang non-niaga, seperti SUV (mobil penumpang, red) dan produk lain. Saya ingin cepat beli dan merasakan mobil hasil karya anak bangsa,” kata Ganjar saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Jumat petang, 9 September 2019 se[erti dilansir Tempo.

 

Ganjar menegaskan, Jika pabrik kendaraan yang terletak di Kabupaten Boyolali itu sudah memroduksi mobil penumpang, ia akan menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinas. Selain itu, Ganjar juga akan mendorong semua pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah di 35 kabupaten/kota untuk melakukan hal yang serupa.

“Tidak hanya di Jateng, daerah lain hingga kementerian juga akan saya dorong menggunakan mobil Esemka agar bisa dipakai untuk kepentingan nasional,” ujar Ganjar seperti dikutip dari Antara.

 

Ganjar juga akan mendorong para UKM, petani dan nelayan untuk menggunakan Esemka Bima sebagai kendaraan niaga mereka.

“Kami akan mulai dengan menjadikan mobil niaga Esemka ini untuk kepentingan bantuan kepada kelompok tani, nelayan dan pelaku UKM. Langkah-langkah ini penting dilakukan sebagai upaya menjadikan Esemka sebagai mobil nasional”.

 

Mantan anggota DPR dari PDI Perjuangan itu secara khusus mengapresiasi keberanian PT. Solo Manufaktur Kreasi (SMK) merealisasikan impian membuat mobil Esemka. “Akhirnya mimpi panjang hari ini bisa diwujudkan, apapun bentuknya, dari manapun mulainya, akhirnya mobil Esemka bisa terwujud,” kata Ganjar yang saat itu tidak bisa mendampingi Presiden Jokowi saat peresmian pabrik PT Esemka.

 

Produk perdana Esemka yang diluncurkan adalah Bima yang mengisi segmen kendaraan niaga ringan. Esemka Bima ditawarkan dalam dua varian yakni 1.2L dan 1.3L. Esemka Bima dijual dengan harga (off the road) Rp 95 juta.

 

Ketua Umum Komite Nasional Dewan UKM Indonesia Irwan Wijaya HS mengatakan bahwa harga ini cukup terjangkau. Menurut dia, dengan varian model yang memiliki daya angkut banyak seperti Esemka Bima dinilai sesuai dengan keinginan Usaha Kecil Menengah di Indonesia.

 

“Kami sudah melakukan survei ke anggota (UKM) di seluruh Indonesia. Dari inventarisasi yang kami lakukan, hingga saat ini potensinya mencapai 13 ribu unit. Itu asumsi berdasarkan perhitungan kami hingga pertengahan tahun depan,” kata Irwan usai peluncuran di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

About esemkamedia

Mengabarkan berita seputar mobil Esemka. Menyajikan berita aktual, update dan terpercaya. Baca terus web ini dan nantikan berita terbaru setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *